Analisis aplikasi Go-Jek dan Grab

Perbandingan GOJEK vs Grab Untuk Driver, Bagus Mana?

Analisis aplikasi Go-Jek dan Grab

Ojek Online adalah ojek yang prosesnya dilakukan dengan melakukan pemesanan melaui online. Ojek Online (Ojol) akan semakin memudahkan penumpang dalam memesan ojek, karena mereka akan datang menghampiri penumpangke lokasi yang ditentukan. Selain itu penumpang dapat tahu langsung jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

 

Perbandingan Gojek dan Grab

 

1.      Go-Jek

Saat ini total ada 13 layanan ditawarkan Gojek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, Go-Jek menawarkan layanan lainya seperti :

·         Go-Car

·         Go-Send

·         Go-Food

·         Go-Mart

·         Go-Busway

·         Go-Tix

·         Go-Box

·         Go-Clean

·         Go-Glam

·         Go-Massage

·         Go-Med

·         Go-Auto

 

2.       GRAB

Sedangkan Grab total menawarkan 7 layanan, yaitu:

·         GrabBike

·         GrabCar

·         GrabHitch

·         GrabExpress

·         GrabFood

·         GrabTaxi Promo

·         GrabTaxi

 

3.       Tarif perjalanan

Gojek memberikan harga yang cukup murah. Setiap perjalanan yang berkisar di bawah 6 kilometer, penumpang harus membayar sebanyak Rp 10.000 saja. Sedangkan Grab menetapkan tarif sebesar Rp 12.000 untuk setiap 5 kilometer pertama perjalanan.

 

4.       Kemudahan pembayaran

 

 

Selain pembayaran secara langsung, kedua applikasi ini baik Gojek maupun Grab menawarkan kemudahan dalam sistem pembayarannya. Go-pay dan Grab-pay bisa digunakan sebagai pilihan pembayaran non-tunai. Saldo yang digunakan hanya perlu ditambah semudah mengisi pulsa telepon.

 

5.       Diskon dan promo

Saat ini, banyak diskon promo yang ditawarkan oleh Gojek maupun Grab. Mereka saling bersaing untuk merangkul pelanggan-pelanggannya agar tetap nyaman menggunakan jasa mereka. Tetapi dari urusan diskon dan promo Grab lebih banyak mengeluarkan promo2 menarik agar konsumen lebih ingin memilih aplikasi mereka.

 

Sistem aplikasi

Gojek memiliki aplikasi yang lebih update dibandingkan dengan grab. Hal ini karena para pengembang gojek berupaya agar sistem aplikasi yang dimiliki selalu diperbarui mengikuti apa yang dibutuhkan masyarakat. Tujuan mereka adalah untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanann jasa.

Perangkat Lunak: adalah komponen yang memungkinkan perangkat keras untuk mengolah data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Gojek dan Grab telah menawarkan perangkat lunak pada aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Pengguna bisa dengan mudahnya terhubung dan memanfaatkan informasi yang ada.

Perangkat Keras: merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada. Perusahaan transportasi online menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang siap diinstal aplikasinya oleh user.

Basisdata / Data: Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada Go-Jek antara lain adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.

Jaringan Komputer: merupakan media yang saling berhubungan secara komponen. Gojek dan Grab menggunakan jaringan internet, sehingga bisa terhubung kepada pengguna dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.

 

Dalam memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya, Gojek dan Grab memanfaatkan teknologi informasi, antara lain:

Teknologi End User

·         Aplikasi Smartphone Android

·         Aplikasi Smartphone iOS

Teknologi Database

·         Cloud Computing

·         Smartphone Storage

API/Application Programming Interface (Pemrograman Aplikasi Antarmuka)

·         Google Maps

·         Google Place

·         Transjakarta API

·         Apotikantar API

Pembayaran/Payment

·         E-Wallet (Go-Pay, Grab Credit)

Pelayanan pelanggan (Customer Service)

·         Sosial Media

·         Situs web

·         Call Center

 

Ide Kreatif

Dengan sudah banyaknya fitur yang canggih dan layanan yang sengat membantu para konsumen antara Go-Jek maupun Grab, semua yang terdapat di dalam aplikasi tersebut sudah bagus dan begitu dibutuhkan oleh penggunanya, tetapi mungkin disini saya memiliki saran atau Ide untuk aplikasi tersebut untuk lebih memperbagus atau mempercanggih aplikasi, mungkin ide kreatif yg bisa saya berikan yang pertama adalah dengan penambahan system driver atau pegawai terbaik untuk lebih membuat para driver lebih tertib dalam menjalankan pekerjaan, dan poin untuk pengguna yang sering menggunakan aplikasi diberikan bonus2 atau promo menarik dari poin yg didapat untuk lebih betah dan nyaman untuk terus menggunakan aplikasi. Yang kedua mungkin menambahkan fitur khusus dalam layanan Go-Ride yaitu Driver khusus driver wanita yang bertujuan untuk membantu pengguna perempuan yang ingin memesan dengan driver perempuan juga, untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Ide lainnya mungkin pembuatan sebuah game dangan tema gojek yang bertujuan untuk mengisi luang waktu pengguna ketika sedang menunggu driver atau pesanan yang telah dia order. Dan yang terakhir mungkin menambahkan fitur melihat informasi data driver yang sedang berada di lokasi dan ketika sudah dilihat bisa mencoba untuk meminta driver yang kita pilih mengambil orderannya.


Comments