Analisis aplikasi Go-Jek dan Grab
Ojek
Online adalah ojek yang prosesnya dilakukan dengan melakukan pemesanan melaui
online. Ojek Online (Ojol) akan semakin memudahkan penumpang dalam memesan
ojek, karena mereka akan datang menghampiri penumpangke lokasi yang ditentukan.
Selain itu penumpang dapat tahu langsung jumlah biaya yang harus dikeluarkan.
Perbandingan
Gojek dan Grab
1.
Go-Jek
Saat ini
total ada 13 layanan ditawarkan Gojek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride,
Go-Jek menawarkan layanan lainya seperti :
·
Go-Car
·
Go-Send
·
Go-Food
·
Go-Mart
·
Go-Busway
·
Go-Tix
·
Go-Box
·
Go-Clean
·
Go-Glam
·
Go-Massage
·
Go-Med
·
Go-Auto
2.
GRAB
Sedangkan
Grab total menawarkan 7 layanan, yaitu:
·
GrabBike
·
GrabCar
·
GrabHitch
·
GrabExpress
·
GrabFood
·
GrabTaxi
Promo
·
GrabTaxi
3.
Tarif perjalanan
Gojek
memberikan harga yang cukup murah. Setiap perjalanan yang berkisar di bawah 6
kilometer, penumpang harus membayar sebanyak Rp 10.000 saja. Sedangkan Grab
menetapkan tarif sebesar Rp 12.000 untuk setiap 5 kilometer pertama perjalanan.
4.
Kemudahan pembayaran
Selain
pembayaran secara langsung, kedua applikasi ini baik Gojek maupun Grab
menawarkan kemudahan dalam sistem pembayarannya. Go-pay dan Grab-pay bisa
digunakan sebagai pilihan pembayaran non-tunai. Saldo yang digunakan hanya
perlu ditambah semudah mengisi pulsa telepon.
5.
Diskon dan promo
Saat
ini, banyak diskon promo yang ditawarkan oleh Gojek maupun Grab. Mereka saling
bersaing untuk merangkul pelanggan-pelanggannya agar tetap nyaman menggunakan
jasa mereka. Tetapi dari urusan diskon dan promo Grab lebih banyak mengeluarkan
promo2 menarik agar konsumen lebih ingin memilih aplikasi mereka.
Sistem
aplikasi
Gojek
memiliki aplikasi yang lebih update dibandingkan dengan grab. Hal ini karena
para pengembang gojek berupaya agar sistem aplikasi yang dimiliki selalu
diperbarui mengikuti apa yang dibutuhkan masyarakat. Tujuan mereka adalah untuk
mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanann jasa.
Perangkat
Lunak: adalah komponen yang memungkinkan perangkat keras untuk mengolah data
melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Gojek dan Grab
telah menawarkan perangkat lunak pada aplikasi Android, IOS, dan juga Website.
Pengguna bisa dengan mudahnya terhubung dan memanfaatkan informasi yang ada.
Perangkat
Keras: merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.
Perusahaan transportasi online menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras
yang siap diinstal aplikasinya oleh user.
Basisdata
/ Data: Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat
digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada Go-Jek antara lain adalah
data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.
Jaringan
Komputer: merupakan media yang saling berhubungan secara komponen. Gojek dan
Grab menggunakan jaringan internet, sehingga bisa terhubung kepada pengguna
dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.
Dalam
memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya, Gojek dan Grab memanfaatkan
teknologi informasi, antara lain:
Teknologi
End User
·
Aplikasi
Smartphone Android
·
Aplikasi
Smartphone iOS
Teknologi
Database
·
Cloud
Computing
·
Smartphone
Storage
API/Application
Programming Interface (Pemrograman Aplikasi Antarmuka)
·
Google
Maps
·
Google
Place
·
Transjakarta
API
·
Apotikantar
API
Pembayaran/Payment
·
E-Wallet
(Go-Pay, Grab Credit)
Pelayanan
pelanggan (Customer Service)
·
Sosial
Media
·
Situs
web
·
Call
Center
Ide
Kreatif
Dengan
sudah banyaknya fitur yang canggih dan layanan yang sengat membantu para
konsumen antara Go-Jek maupun Grab, semua yang terdapat di dalam aplikasi
tersebut sudah bagus dan begitu dibutuhkan oleh penggunanya, tetapi mungkin
disini saya memiliki saran atau Ide untuk aplikasi tersebut untuk lebih
memperbagus atau mempercanggih aplikasi, mungkin ide kreatif yg bisa saya
berikan yang pertama adalah dengan penambahan system driver atau pegawai
terbaik untuk lebih membuat para driver lebih tertib dalam menjalankan
pekerjaan, dan poin untuk pengguna yang sering menggunakan aplikasi diberikan
bonus2 atau promo menarik dari poin yg didapat untuk lebih betah dan nyaman
untuk terus menggunakan aplikasi. Yang kedua mungkin menambahkan fitur khusus
dalam layanan Go-Ride yaitu Driver khusus driver wanita yang bertujuan untuk
membantu pengguna perempuan yang ingin memesan dengan driver perempuan juga,
untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Ide lainnya mungkin pembuatan
sebuah game dangan tema gojek yang bertujuan untuk mengisi luang waktu pengguna
ketika sedang menunggu driver atau pesanan yang telah dia order. Dan yang
terakhir mungkin menambahkan fitur melihat informasi data driver yang sedang
berada di lokasi dan ketika sudah dilihat bisa mencoba untuk meminta driver
yang kita pilih mengambil orderannya.
Comments
Post a Comment