Contoh Segmentasi Produk Teh Pucuk Harum




SEGMENTASI PRODUK TEH PUCUK HARUM

PT. Mayora indah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri. memproduksi berbagai macam produk diantaranya Teh Pucuk Harum dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya. Teh Pucuk Harum merupakan produk teh siap minum di Indonesia yang di kemas dalam botol dan saat ini telah dikenal oleh masyarakat luas. Meski begitu persaingan begitu ketat dengan banyaknya teh dalam kemasan botol yang sudah beredar di pasaran.
Di Indonesia, PT.Mayora Indah tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing. Seperti pelopor Permen Kopiko, Astor, Beng Ben, Kopi Torabika, Energen, dll.
Perusahaan akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa manfaat.
Keberhasilan Teh Pucuk tidak lepas dari merupakan produk the kemasan pertama di Indonesia yang bisa menyamai porduk minuman lainnya, kemudian harganya pula yang cukup terjangkau.
Yang masih kurang dari Teh Pucuk adalah upaya – upaya mempertahankan image secara above the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan terus membuat teh pucuk tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Terkesan Teh Pucuk merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara intensif.

SEGMENTASI
                Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Teh Pucuk Harum memiliki berbagai bentuk kemasan botol mulai dari kemasan botol kecil, sedang sampai kemasan botol besar yang memiliki 2 rasa berbeda. Jadi kita bisa memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya budget kita.
Demografis :
Usia 10 sampai 35 tahun
Perempuan dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini.
Mulai dari Rp 3000,- saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga Teh Pucuk Harum sangat terjangkau.

Geografis:
Baik yang berada di perkotaan maupun di pedesaan.

Psikografis:
Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.

Gaya hidup: Penikmat teh yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.
Mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa mengonsumsi minuman ini. Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Teh Pucuk Harum di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan :
Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors menggunakan animasi dan memberitahu pembuatan teh munggunakan kualitas daun teh yang baik dengan menggunakan pcuuk daun teh.

TARGET MARKET
Target pasar yang dituju oleh Teh Pucuk Harum terbagi dalam dua segmen inti yaitu:
Kalangan usia 9-21 tahun dengan membidik ketika sedang kelelahan pada saat dijalan atau luar, atau setelah beres beraktivitas maupun berolahraga.
Keluarga, khususnya membidik keluarga dari pasangan muda yang cenderung ingin menikmati minum teh bersama-sama diruang keluarga. Ini terlihat dari kemasan produk family ukuran 1L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari bahwa dalam aktivitas sehari-hari minum teh dapat meningkatkan mood.

POSITIONING
Teh Pucuk melakukan positioning dengan memberitahu masyarakat secara tidak langsung bahwa di Indonesis sendiri mempunya minuman produk lokal yang bisa menyaingi produk luar, dan secara tidak langsung membuat konsumen lebih ingin memilih porduk dari negaranya sendiri untuk merasa bangga dengan produk lokal. The Pucuk juga membuat iklan dengan animasi ulat berbicara Bahasa Indonesia memakan pucuk daun teh yang cukup menghibur para konsumen. Teh pucuk pun mengedukasi masyarakat agar meminum teh dalam kemasan botol dengan diasajikan dingin membantu menyegarkan tubuh dan begitu praktis dalam mengkonsumsinya.
Teh Pucuk pun diketahui sebagai minuman teh dalam kemasan botol produk lokal indonesia yang dapat memberikan kesegaran dan kenikmatan dari pucuk daun teh.

Comments