SEGMENTASI PRODUK TEH
PUCUK HARUM
PT. Mayora
indah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri. memproduksi
berbagai macam produk diantaranya Teh Pucuk Harum dengan menggunakan pucuk daun
teh sebagai salah satu bahan baku utamanya. Teh Pucuk Harum merupakan produk
teh siap minum di Indonesia yang di kemas dalam botol dan saat ini telah
dikenal oleh masyarakat luas. Meski begitu persaingan begitu ketat dengan banyaknya
teh dalam kemasan botol yang sudah beredar di pasaran.
Di
Indonesia, PT.Mayora Indah tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang
memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market
leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada
kategorinya masing masing. Seperti pelopor Permen Kopiko, Astor, Beng Ben, Kopi
Torabika, Energen, dll.
Perusahaan
akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai
memiliki citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak
konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa
manfaat.
Keberhasilan
Teh Pucuk tidak lepas dari merupakan produk the kemasan pertama di Indonesia
yang bisa menyamai porduk minuman lainnya, kemudian harganya pula yang cukup
terjangkau.
Yang masih
kurang dari Teh Pucuk adalah upaya – upaya mempertahankan image secara above
the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan terus
membuat teh pucuk tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Terkesan
Teh Pucuk merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah
dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara
intensif.
SEGMENTASI
Segmentation adalah upaya
memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di
antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal,
penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Teh Pucuk
Harum memiliki berbagai bentuk kemasan botol mulai dari kemasan botol kecil,
sedang sampai kemasan botol besar yang memiliki 2 rasa berbeda. Jadi kita bisa
memilih ukuran apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya
budget kita.
Demografis
:
Usia 10
sampai 35 tahun
Perempuan
dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini.
Mulai dari
Rp 3000,- saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga Teh Pucuk Harum
sangat terjangkau.
Geografis:
Baik yang
berada di perkotaan maupun di pedesaan.
Psikografis:
Pelajar,
Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya
bisa mengonsumsi produk ini.
Gaya
hidup: Penikmat teh yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.
Mulai dari
masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa mengonsumsi
minuman ini. Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk
Teh Pucuk Harum di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan :
Iklan di
media cetak maupun televisi dengan jalan endors menggunakan animasi dan
memberitahu pembuatan teh munggunakan kualitas daun teh yang baik dengan
menggunakan pcuuk daun teh.
TARGET MARKET
Target
pasar yang dituju oleh Teh Pucuk Harum terbagi dalam dua segmen inti yaitu:
Kalangan
usia 9-21 tahun dengan membidik ketika sedang kelelahan pada saat dijalan atau
luar, atau setelah beres beraktivitas maupun berolahraga.
Keluarga,
khususnya membidik keluarga dari pasangan muda yang cenderung ingin menikmati
minum teh bersama-sama diruang keluarga. Ini terlihat dari kemasan produk
family ukuran 1L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari
bahwa dalam aktivitas sehari-hari minum teh dapat meningkatkan mood.
POSITIONING
Teh Pucuk
melakukan positioning dengan memberitahu masyarakat secara tidak langsung bahwa
di Indonesis sendiri mempunya minuman produk lokal yang bisa menyaingi produk
luar, dan secara tidak langsung membuat konsumen lebih ingin memilih porduk
dari negaranya sendiri untuk merasa bangga dengan produk lokal. The Pucuk juga
membuat iklan dengan animasi ulat berbicara Bahasa Indonesia memakan pucuk daun
teh yang cukup menghibur para konsumen. Teh pucuk pun mengedukasi masyarakat
agar meminum teh dalam kemasan botol dengan diasajikan dingin membantu
menyegarkan tubuh dan begitu praktis dalam mengkonsumsinya.
Teh Pucuk
pun diketahui sebagai minuman teh dalam kemasan botol produk lokal indonesia
yang dapat memberikan kesegaran dan kenikmatan dari pucuk daun teh.
Comments
Post a Comment