CORELDRAW X3 Fungsi Tool/Alat di Dalamnya



CORELDRAW X3

Berikut merupakan penjelasan dan tampilan CorelDraw X3.
 Title bar (1) berisi informasi judul aplikasi dan file yang sedang dibuka.
 Menu bar (2) berisi menu-menu yang ada di aplikasi Corel Draw.
 Toolbar terdiri dari beberapa icon meliputi:
• Standar (3) perintah-perintah pada menu utama
• Property bar (4) berisi tombol-tombol perintah tambahan.
• Tool box (5) berisi alat untuk mendesain gambar.
 Ruler (6) sebagai garis pengukur objek.
 Color Pallete (7) berisi perintah untuk memilih warna objek.
 Lembar kerja (8) halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.
 Pages (9) sebagai petunjuk halaman yang aktif.

TOOL BOX
Pada toolbox terdapat berbagai peralatan untuk menggambar atau membuat
desain. Ikon-ikon yang tampil hanyalah sebagian dari yang ada. Untuk melihat

ikon-ikon yang tersembunyi, klik pada ikon yang ada tanda segitiga.

1. Pick Tool : Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah
objek gambar.

2. Shape Edit
a. Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
b Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan
menarik garis tepinya.
c. Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline
bentuk gambar dengan menarik
garis tepinya.
d. Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan
rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran
dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.

3. Crop Tool
a. Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
b. Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik
garis tepinya.
c. Erase : Menghapus area dalam gambar.
d. Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian
objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).

4. Zoom
a. Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
b. Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

5. Curve
a. Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
b. Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
c. Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena),
seperti brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek
cat semprot), Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek
pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
d. Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
e. Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
f. 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal
dan akhir, lalu titik pusat kurva.
g. Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
h. Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan
miring.

6. Smart Tools
a. Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu
mengisikannya dengan warna atau tekstur.
b. Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda
gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.

7. Rectangle
a. Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
b. 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
menyusunnya per titik.

8. Ellipse
a. Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
b. Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

9. Object
a. Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
b. Star : Untuk membentuk bintang.
c. Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang
lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
d. Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak
seperti pada kertas gambar teknik.
e. Spiral : Untuk membentuk spiral (per) secara simetris dan logaritmis.

10. Perfect Shapes
a. Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan,
smiley face, hingga segitiga.
b. Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah
dengan aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
c. Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk
flowchart(bagan).
d. Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan
symbol ledakan.
e. Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan
label.

11. Text Tool : Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang
berfungsi sebagai teks artistic maupun paragraph.

12. Interactive Tools
a. Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
b. Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
menyusunnya per tit
c. Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull,
zipper, dan twister.
d. Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam
objek.
e. Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik
titik(node) pada outline.
f. Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
g. Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada
objek.

13. Eyedropper
a. Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait dari
sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis,
ukuran, dan efek.
b. Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah
objek, seperti warna(isidalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan
efek; yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.
c. No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
d. ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
e. 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
f. 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
g. 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
h. 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
i. 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
j. Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan outline objek.

15. Fill Tools
a. Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi
bagian dalam objek) dari sebuah objek.
b. Fountain Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna dan
gradasi ke dalam objek.
c. Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke
dalam objek.
d. Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke
dalam objek.
e. Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar
post-script ke dalam objek.
f. No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
g. Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan outline objek.
16. Interactive Fill
a. Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam
sebuah objek.
b. Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek.

Comments